Minggu, 04 Desember 2016

Memberikan contoh kerja sama dalam keragaman di lingkungan keluarga

Bentuk-bentuk kerja sama di Rumah yang biasa dilakukan antara lain seperti berikut ini:
Rumah merupakan tempat tinggal keluarga kita. Kebersihan rumah harus selalu dijaga. Rumah yang bersih akan membuat betah orang yang menghuninya. 
  • Mengelola Sampah. Setiap hari ada sampah di rumah. Sampah yang terbanyak berasal dari dapur. Sampah harus dikumpulkan dan dibuang di tempat sampah agar tidak berserakan. Tong sampah telah disediakan untuk menampung sampah dari dalam rumah. Rudi mempunyai tugas membuang sampah dari rumah ke tempat penampungan sampah yang ada di pinggir kampung. Tempat penampungan sampah tersebut digunakan untuk menampung sampah dari seluruh warga kampung. Setiap hari petugas pengangkut sampah membawa sampah ke tempat pem-buangan akhir. Di sana sampah menggunung karena banyak-nya sampah yang terkumpul. Rudi sering diingatkan oleh ibunya agar sampah plastik dipisahkan dari sampah lain. Hal itu untuk memudahkan pemulung memilah-milah sampah. Sampah plastik tidak bisa terurai lagi, tetapi sampah plastik dapat diolah (didaur ulang) menjadi beraneka macam barang.
  • Beternak Kelinci. Sudah lama ayah membuat kandang kelinci. Kandang itu dibuat dari bahan kayu. Ayah berencana mengajak Rudi dan Rini untuk beternak kelinci. Hari Minggu ayah mengajak Rudi dan Rini ke pasar hewan. Mereka membeli dua ekor kelinci betina dan satu ekor kelinci jantan. Ayah berpesan kepada Rudi dan Rini untuk merawat kelinci-kelinci tersebut dengan baik. Rudi dan Rini memeliharanya dengan baik. Kandang dan makanannya selalu diperhatikan. Kelinci-kelinci itu berkembang menjadi banyak. Semua anggota keluarga senang dan makin bersemangat  beternak kelinci. Kerja sama yang dilakukan dalam beternak kelinci mendatangkan banyak manfaat.
  • Memelihara Tanaman di Rumah. Di halaman rumah Rudi ada banyak pot berisi tanaman. Pot-pot tersebut berisi tanaman hias. Sungguh indah dipandang mata jika tanaman itu sedang berbunga. Bunganya berwarna merah, kuning, ungu, dan putih. Rini dan Rudi juga suka merawat tanaman. Mereka menyukai tanaman hias. Setiap hari mereka merawat tanaman hias bersama-sama. Mereka sekeluarga menyukai tanaman hias. Memelihara tanaman hias banyak manfaatnya. Bunganya yang berwarna-warni dan daunnya yang hijau memberikan pemandangan yang indah dan kesejukan. Selain itu tanaman juga membantu menjadikan udara yang kotor menjadi lebih bersih. Keluarga yang gemar tanaman dapat saling bekerja sama merawat tanaman sehingga tanaman tumbuh subur dan selalu segar.
Yang membedakan antara kerjasama di sekolah dan di rumah adalah anggota kelompok, dalam kerjasama di sekolah anggotanya terdiri dari siswa di kelas tersebut. Anggotanya berasal dari beberapa keluarga. Kerjasama di rumah biasanya anggotanya adalah anggota keluarga tersebut yang masih memiliki hubungan keluarga.

3 komentar:

  1. Asslamualaikum wr wb fitrah, materi yang bagus untuk dipelajari saran saya berikanlah contoh gambar agar materinya lebih menarik lagi. Terimakasih kunjungi juga blog saya http://riskaniess09.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. assalamualaikum wr wb fiana , materi yang telah anda posting sudah bagus dan disertailah contoh .
    kunjungi blog saya http://susinov.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  3. materinya sudah bagus, tetapi lebih bagusnya di tambahkan gambar. kunjungi juga blog saya http://wilnajhe.blogspot.co.id/

    BalasHapus