Minggu, 04 Desember 2016

Menyebutkan contoh-contoh energi gerak dalam kehidupan sehari-hari

Energi gerak dibedakan menjadi dua yaitu energi kinetik dan juga energi potensial. Energi kinetik adalah energi yang dihasilkan suatu benda untuk bergerak dari keadaan diam yang bergerak pada kecepatan tertentu dan juga memiliki masa tertentu. Energi potensial adalah energi yang menghasilkan benda untuk bergerak. Sebelum membahas mengenai contoh dari energi gerak dalam kehidupan sehari hari, tak ada salahnya mengetahui terlebih dahulu apa itu energi kinetik dan juga energi potensial.

Contoh Sumber Energi Gerak

Salah satu contoh sumber energi gerak adalah angin. Angin adalah salah satu sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kehidupan sehari hari. Banyak orang yang menggunakan angin sebagai sumber energi gerak seperti untuk mengeringkan pakaian yang basah, mengeringkan bahan makanan tradisional dan juga digunakan sebagai pembangkit listrik.
Salah satu kegunaan dari energi gerak pada angin adalah untuk menciptkan energi listrik. Energi angin yang mengenai kincir angin akan menggerakan turbin yang nantinya akan dikonversikan menjadi energi listrik untuk seluruh daerah di dekatnya. Namun, pembangkit listrik dengan menggunakan sumber energi angin sangat jarang digunakan karena proses dalam instalasi awal sangat mahal dan membutuhkan banyak tenaga manusia untuk membangunya.
Contoh lain dari sumber energi gerak adalah air. Nah, khusus yang satu ini, bisa kita temukan di danau ataupun sungai yang mempunyai aliran yang sangat deras. Biasanya orang orang menggunakan energi gerak dari air untuk membangun pembangkit listrik tenaga air. DI Indonesia, banyak terdapat pembangkit listrik dengan menggunakan energi gerak dari air untuk menggunakan turbin.
Selain instalasinya yang terbilang mudah, namun proses pembuatan pembangkit listrik ini juga membutuhkan waktu yang sangat lama. Selain itu, jika memasuki musim kemarau, air akan mengering dan pasokan air akan berkurang. Hal ini menyebabkan pemerintah harus mengambil langkah pemadaman bergilir karena pasokan listrik tidak normal seperti biasanya.

Macam Macam Sumber Energi Gerak

Macam macam sumber energi gerak yang bisa kita temui di alat elektronik adalah energi kimia yang terdapat pada batu battery dan juga listrik. Nah energi gerak yang ini harus dikonversikan terlebih dahulu menjadi energi listrik yang nantinya akan diubah menjadi energi gerak. Contoh yang bisa kita temui adalah energi gerak pada jam dan juga mesin cuci.
Memang contoh kasus diatas adalah energi gerak yang berasal dari energi listrik dan juga energi kimia. Perubahan dari energi kimia ke energi gerak pada batu battery sangat mudah habis karena bahan kimia juga mempunyai masa pakai tersendiri. Berbeda dengan listrik, sumber daya yang satu ini juga merupakan sumber energi gerak yang bisa dikonversikan menjadi berbagai macam energi.
Sumber Energi Gerak Dalam Kehidupan Sehari Hari. Energi gerak pada kehidupan sehari hari memang dengang mudah kita temui. Energi gerak pada turbin di pembangkit listrik dengan menggunakan air dan angin adalah contoh simple dalam energi gerak yang diubah menjadi energi listrik. Sumber energi gerak pada angin dan air merupakan sumber energi gerak yang besar yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan kita sehari hari. Itulah contoh mengenai sumber energi gerak yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari hari.


Sumber : http://benergi.com/sumber-energi-gerak-dalam-kehidupan-sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar